Sabtu, 15 April 2023

BENTUK DAN PILIHAN KATA

Sumber: Dokumentasi Pribadi


Dalam BI secara umum bentuk kata terdiri atas kata dasar/bentuk dasar/kata asal/dasar kata dan kata bentukan/kata turunan/kata berimbuhan/kata jadian. Pembentukan kata dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, yaitu pengimbuhan, penggabungan antarkata dasar, penggabungan unsur terikat dan kata dasar, pengulangan, dan pengakroniman. Pengimbuhan terdiri atas prefiks, sufiks, infiks, dan konfiks. Prefiks meng- dan peng- paling banyak menimbulkan masalah karena dapat mengalami perubahan bentuk jika digabungkan dengan kata dasar yang berawal dengan huruf tertentu. Awalan meng- dan peng- berubah menjadi menge- dan penge- jika dirangkaikan dengan kata dasar yang hanya terdiri atas satu suku kata. Huruf /k/, /p/, /t/, dan /s/ pada gugus konsonan tersebut tidak luluh apabila mendapat imbuhan, baik meng- maupun peng-, kecuali huruf awal /p/ jika mendapat imbuhan peng-.

Unsur -isasi yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia berasal dari -isatie (Belanda) atau -ization (Inggris). Imbuhan itu sebenarnya tidak diserap ke dalam bahasa Indonesia. Meskipun demikian, imbuhan itu ada dalam pemakaian bahasa kita karena diserap secara bersama-sama dengan bentuk dasarnya. Contoh: modernization --- modernisasi. Imbuhan asing -wan dan -man berasal dari bahasa Sanskerta. Kehadiran imbuhan itu telah diterima di dalam bahasa Indonesia sebagai bentuk kata yang menyatakan 'orang'. Contoh: seniman, karyawan, wartawan. Penggunaan kedua imbuhan tersebut sebenarnya dalam pengertian netral, tidak membedakan jenis kelamin. Sungguhpun demikian, ada kecenderungan pemakai bahasa menggunakan -man dan -wan sebagai penanda jenis kelamin laki-laki, sedangkan jenis kelamin wanita dinyatakan dengan imbuhan -wati. Hal tersebut memunculkan bentukan kata seniwati, karyawati, wartawati.


Eufemisme adalah kata atau ungkapan yang dirasa lebih halus untuk menggantikan kata atau ungkapan yang dirasa kasar, vulgar, dan tidak sopan. Misalnya: bodoh --- kurang pandai, miskin --- kurang mampu, dsb. Namun, pemakai bahasa tidak seharusnya terjebak pada penggunaan eufemisme yang terkesan menyembunyikan fakta. Misalnya: ditangkap polisi --- diamankan polisi, harganya dinaikkan --- harganya disesuaikan. 


Ungkapan dan lain-lain, dan sebagainya, dan seterusnya sebaiknya tidak digunakan secara sembarangan. Ungkapan 'dan lain-lain' digunakan untuk mengungkapkan perincian lebih lanjut yang sifatnya berbeda-beda. Misalnya: Peralatan yang diperlukan dalam kegiatan tersebut adalah bolpoin, komputer, tas, dan lain-lain. Ungkapan 'dan sebagainya' digunakan untuk mengungkapkan perincian lebih lanjut yang sifatnya mirip atau sejenis. Misalnya: Jenis-jenis logam  itu adalah emas, perak, timah, dan sebagainya. Ungkapan 'dan seterusnya' digunakan untuk mengungkapkan perincian lebih lanjut yang sifatnya berurutan. Misalnya: Bagian yang harus dibaca pada buku itu adalah BAB I, BAB II, BAB III, dan seterusnya.


Idiom adalah dua kata atau lebih yang maknanya tidak dapat dijabarkan dari makna unsur-unsur pembentuknya. Misalnya, banting tulang, kambing hitam, naik daun, kembang desa, mata keranjang, dan sebagainya. Ketika akan menggunakan suatu kata, pemakai bahasa harus mempertimbangkan apakah kata-kata yang akan digunakan itu layak pada zaman tertentu atau tidak. Contoh: ganyang, antek, kelompencapir, anjangsana, ABRI masuk desa --- hanya layak digunakan pada zamannya. Kata jam dan pukul - sering dikacaukan pemakaiannya. Kata jam digunakan untuk menyatakan makna 'durasi atau jangka waktu', 'arloji', atau 'alat penunjuk waktu'. Adapun, kata pukul menyatakan 'waktu atau saat'. Contoh:
Mereka akan berangkat pukul 09.30.
Para pekerja di Indonesia rata-rata bekerja selama delapan jam sehari.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KULIAH PAKAR ADOBSI